AdpER'09

AdpER'09
Museum mpu TantuLaR

Kamis, 13 Oktober 2011

HCPSN


HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL


Pada tanggal 5 november 2011 adalah Hari Cinta Puspa Dan Satwa Nasional atau HCPSN yang akan mengambil  tema Lestarikan Puspa dan Satwa untuk Keberlanjutan Kehidupan dengan Subtema "Selamatkan Keanekaragaman Hayati Perkotaan".  Ikon yang akan diambil dalam HCPSN adalah bunga tetepok (Nymphoides indica) sebagai Puspa Nasional 2011.  Bunga tetepok  sebagai pilihan Puspa Nasional karena habitatnya sudah mulai langka, dan seharusnya dilestarikan. Bunga ini hampir menyerupai teratai yang berasal dari Sumatra dan jawa. 


Katak api (Leptophyre kruentata tschudi) juga sebagai pilahan Satwa Nasional 2011. Peranan katak sangat penting sebagai indikator pencemaran lingkungan. Tingkat pencemaran lingkungan dapat dilihat dari jumlah populasi katak pada daerah tersebut. Penggunaan peptisida di sawah dapat merusak telur-telur berudu dan semakin berkurangnya habitat katak.
Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya dalam melindungi dan melestarikan sumber daya alam hayati. Perlindungan puspa dan satwa juga termasuk salh satu perlindungan secara berkelanjutan tutur Menteri Lingkungan Hidup Gusti M Hatta, Rabu (12/10/2011), di Jakarta. 

Ade F Meyliala, Ketua Panitia HCPSN 2011. Peringatan HCPSN yang dliaksanakan tanggal 5 november, itu sudah dimulai sejak tahun 1993. Peringatan ke-18 tahun ini menggaungkan kembali Gerakan Masyarakat Mencintai Puspa dan Satwa Nasional. Yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan, kepedulian dan pelestarian puspa dan satwa Nasional. Keanekaragaman hayati harus dijaga pelestariaanya dan dimanfaatkan secara berkesinambungan. Manfaatnya sebagai sebagai sumber pangan, papan, sandang, obat-obatan, jasa ekosistem, sumber ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mengembangkan sosial-budaya masyrakat di Indonesia.

Peringatan HCPSN 2011 akan dilaksanakan di Istana Negara dan dibuka Presiden Republik Indonesia. Beberapa rangkaian acara di Istana di antaranya penyematan Tanda kehormtan Satyalancana Karya Pembangunan Bidang Lingkungan Hidup dan Penyampaian penghargaan Menuju Indonesia Hijau oleh Presiden, serta penandatanganan Sampul Hari Pertama Prangko seri Puspa dan Satwa 2011.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar